Minggu, 16 November 2014

JAWABAN DISKUSI MENGENAI CYBER ETHICS



1    Era Internet memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbagai aspek kehidupan. Beberapa hal yang menyebabkan pesatnya perkembangan era internat  hingga memiliki dampak yang sangat luas atas pemakainnya yaitu:
·         Informasi pada internet bisa diakses 24 jam dalam sehari.
·         Biaya murah dan bahkan gratis.
·         Kemudahan akses informasi dan melakukukan transaksi.
·         Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan.
·         Materi dapat di-update dengan mudah
·         Pengguna internet telah merambat ke segala penjuru.
2    Salah satu karakteristik Cyberspace adalah beroperasi secara virtual dan tidak mengenal batas-batas teritorial. Maksud karakteristik tersebut adalah interaksi antar penghuni dunia maya yang berada di seluruh dunia terjadi tanpa harus melakukan pertemuan secara fisik.
Pengaruhnya pada arti penting kode etik dalam dunia tersebut adalah internet dapat menghubungkan semua orang tanpa mengenal batas ruang, dengan perbedaan budaya dimanapun mereka berada, setiap orang yang terlibat dalam interaksi di dunia maya tidak mengharuskan pernyataan identitas asli, dan dengan berbagai fasilitas yang ada memungkinkan seseorang untuk bertindak tidak etis seperti penghuni yang iseng yang dapat melakukan sesuatu yang tidak seharusnya, sehingga setiap orang yang bergabung harus bisa memahami budaya internet.
3    Terjadi perdebatan dalam sebuah milis antar anggotanya  yang akhirnya menjurus pada perdebatan secara individu. Hal yang dilakukan bila berada pada posisi:
a.       Administrator mailing list:
Menjelaskan aturan-aturan penggunaan mailing list dan menyarankan untuk melanjutkan perdebatan pada jalur pribadi saja(email to email) agar tidak menjadi konsumsi publik.
b.      Anggota mailing list yang terlibat perdebatan individu:
Memberikan argumen yang etis, fokus terhadap artikel yang diposing,  dan tidak membicarakan hal lain diluar topik untuk memancing pertengkaran yang lebih buruk dan yang tidak perlu.
c.       Anggota mailing list yang tidak terlibat pertengkaran tersebut:
Tidak menambahi untuk memihak ataupun membuat keadaan semakin panas, dan menengahi bila pertengkaran sudah terlalu jauh dari hal-hal yang pantas dikatakan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda